Wednesday 22 May 2013

Penanganan Telinga Kemasukan Air


cute baby 
Pada saat sedang mandi atau berenang  hampir semua orang pernah mengalami telinga yang kemasukan air. Selain menimbulkan 'perasaan kurang nyaman', juga bisa mengundang timbulnya infeksi pada telinga, terlebih kalau air tersebut diragukan kebersihannya. Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang yang mengalami trauma ini, ada yang lompat-lompat sampai dengan meniup telinga orang yang bersangkutan. Dengan melompat-lompat barangkali bisa mengatasimasalah ini, tapi kalau meniup telinga yang bersangkutan itu malah bisa mendorong air masuk lebih dalam lagi yang bisa mengakibatkan hal yang lebih parah lagi. 
Nah teman, berikut ada cara praktis untuk mengatasinya :
  1. Siapkan air yang bersih.
  2. Bungkukkan badan dan buat agar posisi telinga yang kemasukan air menghadap ke atas.
  3. Tahan napas dan masukkan sedikit air dengan telapak tangan ke dalam telinga.
  4. Terus tahan napas sampai sekitar 10-20 detik. Jangan sekali-kali bernapas karena malah akan membuat air masuk ke telinga.
  5. Balik posisi telinga yang kemasukan air hingga menghadap ke bawah dan air keluar. Setelah ini anda boleh menarik napas.
  6. Bila dirasakan masih belum semua air terpancing keluar lakukan sekali lagi. 
  7. Bersihkan dan keringkan bagian dalam telinga dengan kapas pembersih telinga.


Perhatian : cara ini disarankan untuk orang dewasa atau anak yang sudah agak besar dan diperkirakan mampu melakukannya dengan benar. Untuk anak-anak sebaiknya mereka menggunakan penutup telinga yang bisa didapatkan di apotek-apotek untuk mencegah telinga kemasukan air.

Demikian semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment