Tuesday 21 May 2013

Bangle si Pedas Pahit dan Manfaatnya



Punya kakek yang "hobi" sakit rematik memang merepotkan, apalagi kake tidak suka diajak ke dokter, sungguh-sungguh menjengkelkan. Nah alternatifnya, kakek memang harus di berikan ramuan tradisional berupa boreh-borehan. Setelah browsing-browsing ternyata Bangle mampu mengatasi sakit kakek saya ini.
 Bangle tumbuh di Asia Selatan, dari India hingga Indonesia. Di Jawa, tanaman ini ditanam di pekarangan yang cukup mendapat sinar matahari. Pada tanah yang becek, pertumbuhannya akan terganggu dan rimpangnya cepat busuk.

Herba ini tingginya 1-1,5 meter, membentuk rumpun yang padat. Helaian daun berbentuk lonjong, tipis, ujung runcing, pangkal tumpul, tepi rata, berambut halus, pertulangan menyirip, panjang 23-35 cm, lebar 20-40 mm. Rimpang bangle menjalar dan berdaging. Bentuknya hampir bundar sampai jorong atau tidak beraturan, tebalnya 2-5 mm. Permukaan luar tidak rata, berkerut, kadang dengan parut daun, warnanya coklat muda kekuningan, bila dibelah berwarna kuning muda sampai kecoklatan. Rasanya pedas dan pahit.


Rimpang bangle mengandung zat-zat kimia berupa sineol, pinen dan seskuitterpen. Rimpang tanaman ini juga mengandung mineral, albuminoid, lemak, getah yang pahit, dan asam-asam organik.
Efek farmakologis rimpang ini adalah penurun panas (antipiretik), peluruh kentut (karminatif), peluruh dahak (expectoran), pembersih darah, pencahar (laksan), dan obat cacing (vermifuge). Khasiat rimpang bangle menurut Hieronymus, untuk obat asma dan rematik.Karena itulah, bangle mampu meredam sakit rematik. Khasiat lainnya, daunnya berguna untuk perangsang nafsu makan. Selain itu, untuk obat sakit perut karena berkhasiat membersihkan darah dan sebagai peluruh kentut.
Menurut Dr. Setiawan Dalimartha, anggota SP3T (Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional) DKI Jakarta, rematik tidak hanya menyerang persendian, tetapi juga otot atau tendon. Penyebabnya bisa karena infeksi, seperti halnya penyakit kencing nanah, yang jika tidak diobati akan menimbulkan rematik.


Berikut contoh pemakaian bangle untuk mengatasi:
1. Demam Masuk Angin
Ambil 15 g rimpang bangle segar cuci lalu parut. Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan dua sendok makan madu. Aduk merata lalu peras dan saring. Minum dua kali sehari.
2. Perut Mulas
Ambil setengah jari tangan rimpang bangle, rimpang jahe, kencur dan lempuyang wangi, cuci bersih, lalu iris tipis-tipis. Rebus dengan satu gelas air bersih sampai tersisa 1/2 gelas. Saring lalu diminum ketika dingin.
3. Sakit Kepala
Rimpang segar secukupnya, dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Dipakai sebagai pilus pada dahi.
4. Sakit Kuning
Setengah jari rimpang bangle dicuci bersih lalu diparut. Tambahkan air masak dan madu masing-masing satu sendok makan. Peras dan saring, lalu diminum. Lakukan dua kali sehari.
 5. Nyeri Sendi (Rematik)
Rimpang segar secukupnya dicuci lalu diparut. Tambahkan arak sampai menjadi adonan seperti bubur encer. Borehkan ke bagian sendi yang sakit.
 6. Cacingan
Tiga jari rimpang bangle, dua jari temu hitam, lima biji ketumbar, dan lima lembar tangkai daun sirih. Semua bahan dicuci lalu diiris tipis-tipis kemudian ditumbuk halus. Tambahkan 1/2 cangkir air masak dan aduk sampai merata. Setelah diperas dan disaring, ramuan bisa diminum. 
 7. Mengecilkan perut setelah melahirkan
Caranya rimpang bangle secukupnya dicuci lalu diparut, borehkan pada perut.
8. Mengurangi lemak tubuh.
 Sepotong rimpang bangle dan tujuh lembar daun jati belanda dicuci lalu direbus dengan 1,5 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin disaring, dibagi dua, minum tiap pagi dan sore hari. Cara lain setengah jari rimpang bangle, 1/2 jari rimpang temu giring, 3/4 jari rimpang lempuyang wangi, 1/4 genggam daun jati belanda, tiga jari gula enau, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 4 1/2 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring, dibagi tiga, minum tiap pagi, siang dan malam.Bisa juga rimpang bangle dan rimpang temu hitam masing-masing 1/2 jari tangan, dicuci lalu diparut. Tambahkan satu sendok makan air jeruk nipis dan 2duasendok makan madu, aduk merata sambil diremas-remas. Peras dan saring, minum. Lakukan 2-3 kali sehari.
9. Mengatasi susah tidur pada bayi
Bangle juga bisa dimanfaatkan untuk kerokan pada bayi yang susah tidur dan rewel. Caranya, parutan rimpang bangle dibalurkan ke punggung bayi sambil diusap-usap dan ditekan. 
Selain itu Bangle juga bisa untuk mengatasi  gangguan sakit saat buang air kecil.

Melihat banyaknya manfaat dari Bangle ini, disetiap rumah wajib untuk memelihara tanaman Bangle, jadi mudah untuk membuatkan kakek boreh saat rematiknya kambuh.

dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment