Thursday 4 July 2013

Segudang Manfaat Jalan Kaki


Jalan kaki adalah olahraga yang paling aman, murah dan mudah dilakukan, apalagi dilakukan dengan teman, pasangan, keluarga, bahkan dengan anjing kesayangan. Rajin berjalan kaki akan memberikan segudang manfaat kesehatan terhadap tubuh kita dan mengusir jauh-jauh berbagai macam penyakit yang datang. Mari kita ulas manfaat apa saja yang dapat dirasakan dari raji berjalan kaki.



Memperbaiki Postur Tubuh 

"Berjalanlah bak seorang model." Langkah yang lebar dan badan yang tegap membantu Anda mendapatkan postur tubuh ideal. Manusia didesain memiliki tulang dan otot. Otot harus digerakkan bukan didiamkan. Dapat dilatih dengan cara sederhana, yaitu melangkah.
Ternyata, berjalan kaki dapat memperbaiki postur tubuh, melangsingkan bahkan meninggikan tubuh. Para ahli fisik menyarankan untuk berjalan sebanyak 500 langkah setiap hari untuk mendapatkan bentuk tubuh yang baik.
Namun untuk mendapatkan manfaat jalan kaki tersebut bukan dengan berjalan asal-asalan dalam artian hanya melangkahkan kaki tanpa aturan yang tepat atau hanya sekedar menyeretkan kaki saja. Langkahkanlah kaki  lebih lebar dengan diikuti gerakan lengan yang sesuai sehingga tubuh dapat merasakan otot-otot tertarik selama berjalan.

Memberi Perasaan Bahagia
Peregangan otot tubuh dapat merangsang produksi hormon serotonin, hormon yang membuat tubuh menjadi lebih tenang dan mengontrol mood. Berjalan dengan perasaan bahagia bisa pula menstimulasi otak jadi lebih aktif dan kreatif.

Mengurangi Resiko Diabetes
Diabetes terjadi ketika tubuh kehilangan kemampuannya memanfaatkan glukosa (sejenis gula yang dilepaskan tubuh ketika makan dan berubah menjadi sumber energi yang digunakan oleh otot). Gejala awal diabetes diantaranya adalah seperti sering merasa haus dan selalu buang air kecil yang disebabkan oleh efek dari glukosa terakumulasi dalam darah.

Para peneliti dari University of Otago di Selandia Baru, telah melakukan penelitian terhadap sejumlah relawan dan menunjukkan bahwa berjalan singkat efektif menurunkan tingkat risiko terkena diabetes. "Berjalan atau bangun dari tempat duduk selama 2 menit setiap 30 menit sekali ternyata bisa mengurangi terkena risiko diabetes. Bahkan 2 menit berjalan sebelum kembali duduk lebih efektif mencegah diabetes daripada berjalan selama 30 menit sebelum bekerja."

Jadi rajin-rajinlah berjalan singkat dalam rentang waktu 30 menit, apalagi anda yang mempunyai resiko tinggi terkena diabetes.


Turunkan Resiko Stroke Pada Wanita
Penelitian di Spanyol terhadap ribuan wanita, baru-baru ini, menyimpulkan bahwa wanita yang rajin berjalan kaki setidaknya 3 jam per minggu, akan mengalami penurunan risiko terserang penyakit stroke.
Seperti dikutip dari Antaranews.com, penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi risiko stroke yang disebabkan penyumbatan pembuluh darah arteri atau pecahnya pembuluh darah di otak.
“Intinya, aktivitas fisik yang dilakukan secara regular (teratur) sangat baik untuk menjaga kesehatan,” ujar ketua penelitian Murcia Regional Health Authority, Jose Maria Huerta, kepada Reuters.
Berdasarkan penelitian terhadap 33 ribu pria dan wanita, Huerta menunjukkan bahwa wanita yang berjalan kaki secara rutin mengalami penurunan risiko terserang stroke hingga 43 persen, dibandingkan dengan wanita yang tidak aktif.
Berjalan kaki juga lebih ampuh dalam menurunkan risiko stroke dibandingkan dengan bersepeda atau olahraga intensitas tinggi yang dilakukan dalam waktu pendek. Namun, aktivitas serupa tidak berpengaruh sama kepada kaum pria.

Masih banyak manfaat jalan kaki olah raga yang murah meriah ini yang bisa kita rasakan. Dengan rajin berjalan kaki juga mampu menurunkan berat badan. Jadi mari gerakan kaki anda untuk mendapat kwalitas hidup yang lebih baik.

dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment